PROGRAM/RENCANA KERJA KEPALA SEKOLAH
(RKKS)
PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA BARAT
DINAS PENDIDIKAN
SMKN 1 X KOTO DIATAS
Jl. Tajung Balik Sibarabang Kab Solok
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala Rahmat dan Hidayahnya kepada kami semua, sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan Program/Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKKS) SMKN 1 X Koto Diatas Kab.Solok.
Kami semua menyadari bahwa Program/Rencana Kerja Kepala SMK Negeri 1 X Koto Diatas yang kami susun masih sangat jauh dari sempurna, untuk itu dengan penuh kerendahan hati kami mengharapkan masukan, kritik maupun saran dari berbagai pihak yang berkompeten dan berkepentingan terhadap kemajuan pendidikan, khususnya di SMKN 1 X Koto Diatas , untuk perbaikan penyusunan RKKS di masa yang akan datang .
Tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut meluangkan waktu, tenaga atau sumbangan pemikiran-pemikirannya dalam proses penyusunan RKKS SMK Negeri 1 X Koto Diatas ini .
Akhirnya kami berharap semoga Rencana Kerja Kepala Sekolah ini dapat menjadi pedoman penyelenggaraan pendidikan di SMK Negeri 1 X Koto Diatas untuk Tahun Pelajaran 2013/2014 dan juga untuk kurun waktu satu tahun ke depan, sehingga Visi dan Misi SMK Negeri 1 X Koto Diatas dapat dicapai/diwujudkan dengan baik .
Tanjung Balik, Januari 2020
Ir.Idris
|
NIP. 196609041994031005
DAFTAR ISI
Halaman Judul ..................................................................................................... |
i |
Kata Pengantar ..................................................................................................... |
iii |
Daftar Isi .............................................................................................................. |
iv |
BAB I : PENDAHULUAN ............................................................................. |
1 |
A. Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya Sekolah ........................................... |
1 |
B. Tujuan dan Manfaat RKS .............................................................................. |
1 |
C. Landasan Hukum ........................................................................................... |
2 |
BAB II : VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH ........................................ |
3 |
A. Visi Sekolah ................................................................................................... |
3 |
B. Misi Sekolah .................................................................................................. |
4 |
C. Tujuan Sekolah .............................................................................................. |
4 |
BAB III : PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH ................................ |
6 |
A. Sasaran ........................................................................................................... |
6 |
B. Program .......................................................................................................... |
7 |
C. Indikator Keberhasilan .................................................................................. |
9 |
D. Kegiatan ......................................................................................................... |
11 |
E. Jadwal Kegiatan dan Penanggung Jawab...................................................... |
13 |
|
|
BAB IV : PENUTUP ....................................................................................... |
16 |
A. Simpulan ……………………………………………………………………. |
16 |
B. Kesimpulan ………………………………………………………………… |
16 |
Lampiran |
|
|
BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya SMK Negeri 1 X Koto Diatas
SMK Negeri 1 X Koto Diatas didirikan pada tahun 2007, berlokasi di Tanjung Balik Kecamatan X Koto Diatas yang bertujuan upaya menyediakan pendidikan kejuruan bagi masyarakat di sekitarnya.Tahun demi tahun SMK Negeri 1 X Koto Diatas selalu berkembang, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Seiringan dengan perkembangan tersebut, Sesuai dengan peraturan yang ada bahwa menyusun perencanaan/program sekolah untuk jangka waktu yang akan datang merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar- tawar lagi, untuk hal tersebut Sekolah mencoba menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) yang salah satunya diimplentasikan dalam Program/Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKKS) untuk jangka sat tahun kedepan, dengan harapan kegiatan-kegiatan rutin sekolah dan kegiatan-kegiatan pengembangan sekolah dapat lebih terprogram dan jelas arah tujuannya .
Tujuan penyusunan RKKS
Tujuan utama penyusunan RKKS adalah agar kepala sekolah dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan agar tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan sekolah dapat dicapai.
Manfaat Penyusunan RKKS
- Pedoman kerja( kerangka acuan) kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah
- Dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah
- Bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumberdaya pendidikan yang diperlukan untuk pengembangan sekolah/madrasah.
Landasan hukum
- Landasan Hukum
- Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 8 dan 48
- Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional
- Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan
BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
Visi Sekolah
Terwujudnya lulusan yang berkualitas,beriman dan mampu bersaing di dunia kerja/usaha
Adapun visi SMK Negeri 1 X Koto Diatas :
- Meningkatkan disiplin untuk menimbulkan sikap bertanggung jawab
- Meningkatkan kualiatas pelaksanaan PBM
- Meningktkan kompetensi guru dan pegawai
- Meningkatkan kerja sama dengan DU/DI
- Menciptakan hubungan yang harmonis antar warga sekolah dengan masyarakat
Indikator :
Indikator Visi
- Mendorong aktifitas dan kreatifitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutama para siswa
- Mengoptimalkan pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka memiliki prestasi yang dapat
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang
- Antusias terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menanamkan cinta kebersihan dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
- Menimbulkan penghayatan yang dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama (Religi) sehinggan tercipta kematangan dalam befikir dan
Indikator Misi
- Meningkatkan pemahaman agama dan membudayakan kehidupan beragama di sekolah
- Mewujudkan peningkatan kualitas lulusan dalam akademik maupun non akademik yang mampu bersaing dalam bekerja ditingkat regional maupun nasional
- Mengembangkan kurikulum yang sesuai kebutuhan pengguna tamatan dengan mengacu pada standar Nasional Pendidikan ( SNP)
- Mengembangkan kualitas pendidik yang profesional dan tenaga pendidik yang kompeten
- Meningkatkan proses pembelajaran yang menarik yang sesuai dengan SNP
- Mewujudkan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dan peningkatan mutu kelembagaan
- Mengembangkan sekolah bersih, sehat, hijau dan berwawasan lingkungan
Untuk mewujudkan misi yang telah dirumuskan maka langkah-langkah nyata yang harus dilakukan oleh sekolah adalah :
- Mendorong aktifitas dan kreatifitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutama para siswa
- Mengoptimalkan pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka memiliki prestasi yang dapat
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang
- Antusias terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan
- Menanamkan cinta kebersihan dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
- Menimbulkan penghayatan yang dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama (Religi) sehinggan tercipta kematangan dalam befikir
Tujuan Sekolah
- Terciptanya peserta didik sebagai manusia yang produktif,mampu mandiri dan bisa bersaing di dunia usaha/industri sesuai dengan kompetensi
- Terbentuknya peserta didik yang mampu memilih karir dan bisa bersikap profesional dalam dunia kerja.
- Terwujudnya peserta didik yang menguasai teknologi dan seni yang mampu mengembangkan diri secara mandiri.
Tujuan Jangka Panjang Sekolah
Berdasarkan Visi dan Misi yang telah dirumuskan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, tujuan yang diharapkan tercapai oleh sekolah pada tahun 2019/2020 adalah :
- Perolehan Nilai Ujian Nasional rata-rata naik memenuhi standar kelulusan
- Memiliki kegiatan ekstra kurikuler yang maju dan berprestasi disegala bidang
- Terwujudnya disiplin yang tinggi dari seluruh warga
- Terwujudnya suasana pergaulan sehari-hari yang berlandaskan keimanan dan
- Terwujudnya manajemen sekolah yang transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang
- Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, indah, resik dan
BAB III
PROGRAM KERJA SEKOLAH
- SASARAN
Sasaran adalah tantangan utama yang akan dicapai sekolah/madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah disesuaikan dengan faktor kesiapan sekolah/madrasah. Penetapan sasaran sekolah ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.
Berikut ini kami uraikan sasaran program kerja sekolah per-kategori:
- Kurikulum dan Pembelajaran
- Tersedianya dokumen KTSP seluruh mata pelajaran
- Guru paham tentang KTSP
- Guru mampu membuat silabus sekolah sesuai standar isi
- Guru paham dan mampu membuat PTK
- Meningkatnya minat baca dan pengetahuan guru
- Meningkatnya minat baca siswa
- Perpustakaan yang representatif
- Guru paham tentang kecakapan hidup
- Administrasi dan Manajemen Sekolah
- Peraturan sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
- Semua guru PNS mengikuti sertifikasi
- Semua guru PNS lolos sertifikasi
- Organisasi dan kelembagaan
- Peraturan khusus sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
- Guru dan karyawan mampu membuat program kerja
- Sarana dan Prasarana
- Tersedianya Peralatan Praktek
- Tersedianya fasilitas ruang yang baik dan lengkap
- Tersedianya ruang perpustakaan
- Ketenagaan
- Tersedianya program kehumasan
- Guru paham tentang pola kerjasama dalam peningkatan mutu pembelajaran
- Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung
- Pembiayaan dan pendanaan
- Peningkatan pembiayaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
- Meningkatnya prestasi siswa dan sekolah
- Terjalinnya kerjasama dengan stakeholder
- Tersusunnya RKAS tepat waktu
- Adanya peningkatan honorarium Peserta Didik
- Penerimaan Siswa Baru
- Pelaksanaaan Kegiatan Eskstrakulkuer
- Peran serta Masyarakat
- Keterlibatan komite sekolah kembali aktif sesuai dengan fungsinya
- Hubungan sekolah dengan komite sekolah lebih baik
- Terjalinnya kerja sama dengan lembaga masyarakat
- Lingkungan dan Budaya Sekolah
- Pemagaran sekolah
- Pembuatan taman sekolah
- Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stekholder sekolah uintuik terciptanya lingkungan yang
- PROGRAM
Merumuskan program adalah menggabungkan alternatif-alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan
Berikut ini kami uraikan program sekolah per-kategori:
- Kurikulum dan Pembelajaran
- Pembuatan KTSP, Silbabus dan RPP
- Peningkatan kompetensi guru
- Pengadaan / penggantian buku pelajaran
- Standar ideal jam mengajar
- Penambahan buku-buku yang menarik
- Penugasan studi literatur di perpustakaan
- Administrasi dan Manajemen Sekolah
- Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan
- Rapat Pembinaan
- Organisasi dan kelembagaan
- Pembuatan usulan peraturan
- Pembuatan program kerja
- Sarana dan Prasarana
- Pemberdayaan ruang yang ada untuk Ruang Perpustakaan
- Pengadaan perabot pengganti
- Perbaikan perabot rusak
- Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana bengkel TPHP
- Pengadaan Lapangan Olahraga
- Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan komputer
- Ketenagaan
- Pembuatan program kehumasan
- Sosialisasi pola kerjasama
- Identifikasi kebutuhan tenaga pendukung
- Pembiayaan dan pendanaan
- Penyusunan RKAS
- Menjalin kerjasama dengan stakeholder
- Komunikasi yang intensif dengan stakeholder
- Kesejahteraan pegawai khususnya
- Peserta Didik
- Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru
- Pelaksanaan Kegiatan Estrakurilkuler
- Peran serta Masyarakat
- Sosialisasi program sekolah dan peran komite
- Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite
- Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program sekolah
- Pertemuan dengan komite sekolah
- Kerjasama dengan lembaga masyarakat
- Lingkungan dan Budaya Sekolah
- Pembuatan taman sejkolah
- Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang
- INDIKATOR KEBERHASILAN
Indikator keberhasilan program adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah program yang dirumuskan berhasil atau tidak. Apabila indikator keberhasilan telah dapat dicapai, maka program dapat dikatakan berhasil; sebaliknya apabila indikator keberhasilan belum dapat dicapai, maka program dapat dikatakan belum berhasil. Indikator harus ditentukan agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya. Indikator keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator keberhasilan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif, yang penting dapat diukur dan dirumuskan secara spesifik, operasional, dan dalam bentuk kalimat pernyataan.
Berikut ini kami uraikan indikator keberhasilan program sekolah per-kategori:
- Kurikulum dan Pembelajaran
- Tersedianya dokumen KTSP secara lengkap
- Guru mampu membuat dokumen KTSP
- Adanya KTSP
- Tersedianya silabus sekolah sesuai standar isi
- Tersedianya literatur tambahan
- Jam mengajar guru PNS maksimal 24 jam
- Tersedianya buku pelajaran
- Administrasi dan Manajemen Sekolah
- Seluruh guru berperan dalam penegakan peraturan sekolah
- Guru-guru PNS lolos sertifikasi
- Organisasi dan kelembagaan
- Usulan peraturan terbentuk
- Terselesaikannya program kerja
- Sarana dan Prasarana
- Tersedianya Alat Praktek
- Tersedianya ruang Perpustakaan
- Penggantian dan perbaikan perabot rusak
- Sarana dan prasarana bengkel TPHP
- Laboran terampil menggunakan lab IPA
- Komputer dan printer tersedia sesuai kebutuhan
- Tersedianya Lapangan Basket
- Tersedianya air bersih yang memadai
- Ketenagaan
- Terbuatnya program kehumasan
- Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung
- Pembiayaan dan pendanaan
- Jumlah siswa baru meningkat
- Tersusunnya RKABS tepat waktu
- Adanya peningkatan Kesejahteraan TKS
- Peserta Didik
- Terselenggarannya kegiatan PSB
- Terselenggaranya klegiatan Ekstrakurikuler
- Peran serta Masyarakat
- Komite memahami tugas dan perannya
- Hubungan komite dan sekolah berjalan secara sinergi
- Komite selalu terlibat dalam program-program yang dijalankan sekolah
- Adanya pertemuan rutin dengan komite
- Lingkungan dan Budaya Sekolah
- Pembuatan taman sekolah
- Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stekjholder sekolah uintuik terciptanya lingkungan yang
D. KEGIATAN
Kegiatan adalah tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program. Kegiatan perlu dirumuskan dari setiap program dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga program dapat dicapai. Kegiatan bisa diambil dari alternatif pemecahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perumusan kegiatan dilakukan dengan cara membuat daftar kegiatan yang terkait dengan program tersebut. Kegiatan yang baik adalah yang mengarah pada pencapaian indikator keberhasilan yang telah dirumuskan, dan dapat diperkirakan biaya atau anggarannya.
Berikut ini kami uraikan daftar kegiatan sekolah per-kategori:
- Kurikulum dan Pembelajaran
- Rapat Rutin Pembinaan
- Pelaksanaan pembuatan KTSP, Silabus dan RPP
- Pengadaan buku-buku pelajaran
- Pengadaan literatur tambahan
- Penyesuaian jam mengajar
- Administrasi dan Manajemen Sekolah
- Rapat koordinasi guru dan karyawan
- Pembinaan
- Pembagian Tugas Administrasi
- Organisasi dan kelembagaan
- Koordinasi dan pembuatan usulan peraturan sekolah
- Pembuatan Program Kerja
- Sarana dan Prasarana
- Pengadaaan Peralatan Praktek
- Pengadaaan ruang perpustakaan
- Pendataan kebutuhan, pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana
- Pengadaan dan Perbaikan komputer dan printer
- Ketenagaan
- Penyusunan program kehumasan
- Sosialisasi pola kerjasama
- Pengajuan tambahan tenaga pendukung
- Pembiayaan dan pendanaan
- Meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
- Meningkatkan prestasi siswa dan sekolah
- Pembuatan program kerjasama dengan pihak lain
- Peningkatan kerjasama dengan stakeholder
- Penyusunan RKAS
- Peserta Didik
- Pelaksanaan penerimaan siswa baru
- Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang bermasalah
- Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler
- Peran serta Masyarakat
- Mengundang semua orang tua siswa
- Membentuk pengurus komite sekolah
- Sosialisasi program sekolah
- Menciptakan hubungan yang harmonis antara komite dan sekolah
- Melibatkan komite dalam program-program sekolah
- Pertemuan dengan komite
- Menjalin kerjasama dengan lembaga masyarakat
- Lingkungan dan Budaya Sekolah
- Selesainya Pembuiatan taman sejkolah
- Tertanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang
E. JADWAL KEGIATAN DAN PENANGGUNG JAWAB
Jadwal adalah alokasi waktu suatu program dan kegiatan tertentu yang akan dilaksanakan. Tujuan penyusunan jadwal program dan kegiatan ini adalah untuk mempermudah pelaksana dalam menentukan urutan kegiatan dan mengatur penggunaan sumberdaya dan dana yang dimiliki sekolah/madrasah. Dengan demikian alur kegiatan dan keuangan sekolah/madrasah dapat dikontrol dengan lebih efektif.
Berikut ini kami tampilkan kegiatan sekolah:
TABEL JADWAL KEGIATAN
NO. |
SASARAN |
PROGRAM |
SEMESTER 1 |
SEMESTER 2 |
PENANGGUNG JAWAB |
1 |
Kurikulum dan Pembelajaran |
Pembuatan KTSP, Silbabus dan RPP |
√ |
√ |
Wakasek Kurikulum |
2 |
Kurikulum dan Pembelajaran |
Peningkatan kompetensi guru |
√ |
√ |
Wakasek Kurikulum |
3 |
Kurikulum dan Pembelajaran |
Pengadaan (penggantian) buku Pelajaran |
√ |
√ |
Kepsek dan PKS Kurikulum |
4 |
Kurikulum dan Pembelajaran |
Standar ideal jam mengajar |
√ |
√ |
Kepala Sekolah dan Wakasek |
5 |
Kurikulum dan Pembelajaran |
Penambahan buku-buku yang menarik |
|
√ |
Wakasek kurikulum |
6 |
Kurikulum dan Pembelajaran |
Penugasan studi literatur di perpustakaan |
√ |
√ |
Semua Guru |
7 |
Guru |
Peningkatan kompetensi guru |
√ |
√ |
Kepala Sekolah |
8 |
Guru |
Standar ideal jam mengajar |
√ |
|
Kurikulum |
9 |
Perpustakaan |
Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan |
√ |
|
Wakasek Kurikulum |
10 |
Administrasi dan Manajemen Sekolah |
Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan |
|
√ |
Wakasek kurikulum |
11 |
Administrasi dan Manajemen Sekolah |
Rapat Pembinaan |
√ |
√ |
Wakasek kesiswaan |
12 |
Organisasi dan Kelmabagaan |
Pembuatan usulan peraturan |
√ |
√ |
Kepala Sekolah |
13 |
Organisasi dan Kelembagaan |
Pembuatan program kerja |
√ |
√ |
Kepsek Kurikulu, Kesiswaan |
14 |
Sarana dan Prasarana |
Pengadaan Peralatan Praktek |
√ |
|
Kepsek |
15 |
Sarana dan Prasarana |
Pemberdayaan ruangan untuk Ruang Perpustakaan |
|
√ |
Kepsek Kurikulu, Kesiswaan |
16 |
Sarana dan Prasarana |
Pengadaan perabot Pengganti |
√ |
√ |
Kepsek Kurikulu, Kesiswaan |
17 |
Sarana dan Prasarana
|
Perbaikan perabot rusak Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana laboratorium IPA |
√ |
√ √ |
Kepsek Kurikulu, Kesiswaan |
18 |
Sarana dan Prasarana |
Pengajuan dan pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya. |
|
√ |
Kepsek Kurikulu, Kesiswaan |
19 |
Sarana dan Prasarana |
Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan Computer |
|
√ |
Kepsek Kurikulu, Kesiswaan |
20 |
Ketenagaan |
Pembuatan program Kehumasan |
√ |
√ |
PKS Sarana dan Kepala Pepustakaan |
21 |
|
Sosialisasi pola kerjasama |
|
√ |
PKS Sarana dan Kepala Pepustakaan |
22 |
Pembiayaan dan pendanaan |
Penyusunan RKAS |
√ |
|
PKS Sarana dan Kepala Pepustakaan |
23 |
Pembiayaan dan pendanaan |
Menjalin kerjasama dengan stakeholder |
√ |
√ |
Kasek, Bendara BOS dan Rutin |
24 |
Pembiayaan dan pendanaan |
Komunikasi yang intensif dengan stakeholder |
√ |
|
Wakasek Humas |
25 |
Pembiayaan dan pendanaan |
Kesejahteraan pegawai
|
√ |
√ |
Wakasek Humas |
32 |
Peserta didik |
Pelaksanaan penerimaan siswa baru |
√ |
√ |
|
33 |
Peserta didik |
Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang Bermasalah |
√ |
√ |
Kepsek, Bendahara BOS |
34 |
Peserta didik |
Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler |
√ |
√ |
Wakasek Kesiswaan |
36 |
Peran serta Masyarakat |
Sosialisasi program sekolah dan peran komite |
√ |
√ |
Wali Kelas, Wakasek Kesiswaan |
37 |
Peran serta Masyarakat |
Menciptakan hubungan yang harmonis dengan Komite |
√ |
√ |
Guru Pembina Eskul dan OSIS |
38 |
Peran serta Masyarakat |
Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program sekolah |
√ |
√ |
Kepsek Kurikulu, Kesiswaan |
39 |
Peran serta Masyarakat |
Pertemuan dengan komite sekolah |
√ |
√ |
Kepsek Kurikulu, Kesiswaan |
40 |
Peran serta Masyarakat |
Kerjasama dengan lembaga masyarakat |
√ |
√ |
Kepsek Kurikulu, Kesiswaan |
41 |
Lingkungan dan Budaya Sekolah |
Pembuatan taman sekolah |
√ |
√ |
Kepsek Kurikulu, Kesiswaan |
42 |
Lingkungan dan Budaya Sekolah |
Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang aman. |
√ |
√ |
Kepsek Kurikulu, Kesiswaan |
BAB VI PENUTUP
- Kesimpulan
- Keberhasilan dan kelancaran suatu kegiatan diperlukan sarana penunjang yang lengkap, perencanaan yang matang dan pembagian tugas yang
- Agar semua hambatan yang mungkin timbul dapat dikurangi semaksimal mungkin diperlukan pengawasan dan pembinaan yang baik disertai rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi dari seluruh aparat
- Pengumpulan data yang akurat dan ketelitian dalam setiap melaksanakan tugas sangat diperlukan guna penyusunan laporan yang cepat dan
B. Saran
- Diharapkan dengan adanya program kerja ini dapat mewujudkan suatu mekanisme kerja yang harmonis , efektif dan efesien sehingga dapat menunjang ketercapaian sasaran yang
- Apabila setiap pelaksana yang terkait didalam kegiatan ini memahami aturan yang telah ditetapkan, Insya Allah rencana kerja yang diprogramkan akan tercapai dengan
Lampiran
Secara rinci kegiatan kerja Kepala Sekolah yang dkerjakan berdasarkan harian, mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan
- KEGIATAN HARIAN
- Mengawasi pelaksanaan proses belajar mengajar
- Mengawasi pelaksanaan tugas piket PBM
- Mengawasi pelaksanaan K7
- Memeriksa kehadiran guru, pegawai dan siswa
- Memeriksa keterlaksanaan PBM
- Mengatasi hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan PBM
- Membaca dan mendisposisikan surat-surat dan menandatangani surat-surat keluar
- Melayani tamu
- Mengatsi kasus yang terjadi pada hari itu
- Mengatasi segala sesuatu menjelang sekolah usai
- Mengontrol pelaksanaan administrasi sekolah
- KEGIATAN MINGGUAN
- Upacara bendera pada hari senin pagi
- Mengikuti kultum pada hari jum’at
- Memeriksa absen mingguan
- Menyelenggarakan rapat mingguan dengan staf pimpinan, membicarakan / membahas kasus yang terjadi dalam minggu tersebut dan rencana untuk minggu selanjutnya
- Menyelesaikan surat menyurat.
- KEGIATAN BULANAN
- Memeriksa buku kelas, daftar hadir guru / pegawai
- Mengontrol pembayaran kesejahteraan guru / pegawai
- Membuat laporan bulanan
- Mencek keuangan komite sekolah
- Menerima laporan KBM dari Waka dan Kaprog
- Memeriksa rekap absensi bulanan guru / pegawai
- Mengikuti acara MKKS
- Menandatangani SPJ
- Memeriksa rekap pelaksanaan SPJ
- Mengingatkan usulan nail pangkat dan kenaikan gaji berkala guru dan pegawai
- Mengikuti upacara rutin di kecamata
- Menghadiri rapat dinas di kabupaten
- KEGIATAN SEMESTERAN
- Mempersiapkan evaluasi semester
- Mencek hasil evaluasi semester
- Melaksanakan supervisi kelas bersama Waka dan Kaprog
- Mempersiapkan perlengkapan penunjang PBM
- Mengontrol pengisian dan pembagian Rapor
- Rapat dinas membahas hasil KBM dan pengisian semester berikutnya
- Pertemuan dengan komite sekolah
- Mengontrol pelaksanaan prakerin
- Pengusulan kenaikan pangkat dan gaji berkala guru dan pegawai
- Mengontrol pengisian buku induk siswa
- Melaksanakan supervisi bersama dengan kepala-kepala SMK Se Kabupaten Solok
- Merencanakan penengkiatan kompetensi guru
- Mengirim / mengurus guru untuk penataran sesuai kebutuhan
- Mengusulkan guru untuk sertifikasi profesi
- Mengikuti penataran yang ditugaskan oleh Dinas Pendidikan
- KEGIATAN TAHUNAN
- Awal Tahun
- Identifikasi kebutuhan guru
- Menetapkan pembagian tugas mengajar guru
- Merencanakan kebutuhan alat dan bahan untuk PBM
- Mendata kebutuhan buku pelajaran untuk pegangan guru
- Rapat awal tahun pelajaran
- Mengikuti pelaksanaan MOS
- Melakukan In House Trainning
- Mengikuti Rapat koordinasi di Propinsi
- Akhir Tahun
- Persiapan pelaksanaan UN/US
- Persiapan pelaksanaan Ujian Kompetensi dan Ujian Profesi
- Mengawasi pelaksanaan UN/US dan Ujian Kompetensi serta Ujian Profesi
- Rapat kelulusan siswa kelas XII
- Ujian kenaikan pangkat
- Persiapan penerimaan siswa baru
- Pelaksanaan PPDB dan membuat laporannya
- Menyusun program kerja kepala sekolah
- Menyusun RAPBS
- Persiapan Rakerda
- Menyusun / perencanaan peralatan
- Membuat DP3 guru dan pegawai
- Mengusulkan beasiswa
- Rapat pengurus komite sekolah dan oarang tua murid
- Membuat laporan tahunan
- Evaluasi program tahuanan
Tanjung Balik, Januari 2020
Kepala SMK Negeri 1 X Koto Diatas
Ir.Idris
NIP. 196609041994031005