• header
  • header

Selamat Datang di Website SMK NEGERI 1 X KOTO DIATAS. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMK NEGERI 1 X KOTO DIATAS

NPSN : 10308095

Tanjung Balik Kecamatan X Koto Diatas Kab.Solok 27355


smkn1xkotodiatas@gmail.com

TLP : -


          

PROGRAM/RENCANA KERJA KEPALA SEKOLAH

(RKKS)

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA BARAT

DINAS PENDIDIKAN

SMKN 1 X  KOTO DIATAS

Jl. Tajung Balik Sibarabang Kab Solok

 KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala Rahmat dan Hidayahnya kepada kami   semua, sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan Program/Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKKS) SMKN 1 X Koto Diatas Kab.Solok.

Kami semua menyadari bahwa Program/Rencana Kerja Kepala SMK Negeri 1 X Koto Diatas  yang kami susun masih sangat jauh dari sempurna, untuk itu dengan penuh kerendahan hati kami mengharapkan masukan, kritik maupun saran dari berbagai pihak yang berkompeten dan berkepentingan terhadap kemajuan pendidikan, khususnya di SMKN 1 X Koto Diatas , untuk perbaikan penyusunan RKKS di masa yang akan datang .

Tak lupa kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut meluangkan waktu, tenaga atau sumbangan pemikiran-pemikirannya dalam proses penyusunan RKKS SMK Negeri 1 X Koto Diatas  ini .

Akhirnya kami berharap semoga Rencana Kerja Kepala Sekolah ini dapat menjadi pedoman penyelenggaraan pendidikan di SMK Negeri 1 X Koto Diatas  untuk Tahun Pelajaran 2013/2014 dan juga untuk kurun waktu satu tahun ke depan, sehingga Visi dan Misi SMK Negeri 1 X Koto Diatas  dapat dicapai/diwujudkan dengan baik .

 Tanjung Balik, Januari 2020

 Ir.Idris

 

NIP. 196609041994031005

 

DAFTAR ISI

 

Halaman Judul .....................................................................................................

i

Kata Pengantar .....................................................................................................

iii

Daftar Isi ..............................................................................................................

iv

BAB I : PENDAHULUAN .............................................................................

1

A. Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya Sekolah ...........................................

1

B. Tujuan dan Manfaat RKS ..............................................................................

1

C. Landasan Hukum ...........................................................................................

2

BAB II : VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH ........................................

3

A. Visi Sekolah ...................................................................................................

3

B. Misi Sekolah ..................................................................................................

4

C. Tujuan Sekolah ..............................................................................................

4

BAB III : PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH ................................

6

A. Sasaran ...........................................................................................................

6

B. Program ..........................................................................................................

7

C. Indikator Keberhasilan ..................................................................................

9

D. Kegiatan .........................................................................................................

11

E. Jadwal Kegiatan  dan Penanggung Jawab......................................................

13

 

 

BAB IV : PENUTUP .......................................................................................

16

A. Simpulan …………………………………………………………………….

16

B. Kesimpulan …………………………………………………………………

16

 Lampiran

 

 

 

BAB I PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya SMK Negeri 1 X Koto Diatas

 SMK Negeri 1 X Koto Diatas  didirikan pada tahun 2007, berlokasi di Tanjung Balik Kecamatan X Koto Diatas yang bertujuan upaya menyediakan pendidikan kejuruan bagi masyarakat di sekitarnya.Tahun demi tahun SMK Negeri 1 X Koto Diatas  selalu berkembang, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Seiringan dengan perkembangan tersebut, Sesuai dengan peraturan yang ada bahwa menyusun perencanaan/program sekolah untuk jangka waktu yang akan datang merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar- tawar lagi, untuk hal tersebut Sekolah mencoba menyusun Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) yang salah satunya diimplentasikan dalam Program/Rencana Kerja Kepala Sekolah (RKKS) untuk jangka sat tahun kedepan, dengan harapan kegiatan-kegiatan rutin sekolah dan kegiatan-kegiatan pengembangan sekolah dapat lebih terprogram dan jelas arah tujuannya .

Tujuan penyusunan RKKS

Tujuan utama penyusunan RKKS adalah agar kepala sekolah dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan agar tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan sekolah  dapat dicapai.

Manfaat Penyusunan RKKS

  1. Pedoman kerja( kerangka acuan) kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah
  2. Dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah
  3. Bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumberdaya pendidikan yang diperlukan untuk pengembangan sekolah/madrasah.

 Landasan hukum

  1. Landasan Hukum
  2. Undang-undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam pasal 8 dan 48
  3. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional
  4. Permendiknas No. 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan

BAB II

 VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

 Visi Sekolah

Terwujudnya lulusan yang berkualitas,beriman dan mampu bersaing di dunia kerja/usaha

 Adapun visi  SMK Negeri 1 X Koto Diatas :

  1. Meningkatkan disiplin untuk menimbulkan sikap bertanggung jawab
  2. Meningkatkan kualiatas pelaksanaan PBM
  3. Meningktkan kompetensi guru dan pegawai
  4. Meningkatkan kerja sama dengan DU/DI
  5. Menciptakan hubungan yang harmonis antar warga sekolah dengan masyarakat  

Indikator :

Indikator Visi

  1. Mendorong aktifitas dan kreatifitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutama para siswa
  2. Mengoptimalkan pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka memiliki prestasi yang dapat
  3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang
  4. Antusias terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Menanamkan cinta kebersihan dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
  6. Menimbulkan penghayatan yang dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama (Religi) sehinggan tercipta kematangan dalam befikir dan

Indikator Misi

  1. Meningkatkan pemahaman agama dan membudayakan kehidupan beragama di sekolah
  2. Mewujudkan peningkatan kualitas lulusan dalam akademik maupun non akademik yang mampu bersaing dalam bekerja ditingkat regional maupun nasional
  3. Mengembangkan kurikulum yang sesuai kebutuhan pengguna tamatan dengan mengacu pada standar Nasional Pendidikan ( SNP)
  4. Mengembangkan kualitas pendidik yang profesional dan tenaga pendidik yang kompeten
  5. Meningkatkan proses pembelajaran yang menarik yang sesuai dengan SNP
  6. Mewujudkan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dan peningkatan mutu kelembagaan
  7. Mengembangkan sekolah bersih, sehat, hijau dan berwawasan lingkungan

Untuk mewujudkan misi yang telah dirumuskan maka langkah-langkah nyata yang harus dilakukan oleh sekolah adalah :

  1. Mendorong aktifitas dan kreatifitas secara optimal kepada seluruh komponen sekolah terutama para siswa
  2. Mengoptimalkan pembelajaran dalam rangka meningkatkan keterampilan siswa supaya mereka memiliki prestasi yang dapat
  3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga kecerdasan siswa terus diasah agar terciptanya kecerdasan intelektual dan emosional yang
  4. Antusias terhadap perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan
  5. Menanamkan cinta kebersihan dan keindahan kepada semua komponen sekolah.
  6. Menimbulkan penghayatan yang dalam dan pengalaman yang tinggi terhadap ajaran agama (Religi) sehinggan tercipta kematangan dalam befikir

Tujuan Sekolah

  1. Terciptanya peserta didik sebagai manusia yang produktif,mampu mandiri dan bisa bersaing di dunia usaha/industri sesuai dengan kompetensi
  2. Terbentuknya peserta didik yang mampu memilih karir dan bisa bersikap profesional dalam dunia kerja.
  3. Terwujudnya peserta didik yang menguasai teknologi dan seni yang mampu mengembangkan diri secara mandiri.

Tujuan Jangka Panjang Sekolah

Berdasarkan Visi dan Misi yang telah dirumuskan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan, tujuan yang diharapkan tercapai oleh sekolah pada tahun 2019/2020 adalah :

  • Perolehan Nilai Ujian Nasional rata-rata naik memenuhi standar kelulusan
  • Memiliki kegiatan ekstra kurikuler yang maju dan berprestasi disegala bidang
  • Terwujudnya disiplin yang tinggi dari seluruh warga
  • Terwujudnya suasana pergaulan sehari-hari yang berlandaskan keimanan dan
  • Terwujudnya manajemen sekolah yang transparan dan partisipatif, melibatkan seluruh warga sekolah dan kelompok kepentingan yang
  • Terwujudnya lingkungan sekolah yang bersih, indah, resik dan

BAB III

PROGRAM KERJA SEKOLAH

  1. SASARAN

Sasaran adalah tantangan utama yang akan dicapai sekolah/madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah disesuaikan dengan faktor kesiapan sekolah/madrasah. Penetapan sasaran sekolah ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.

Berikut ini kami uraikan sasaran program kerja sekolah per-kategori:

  1. Kurikulum dan Pembelajaran
    1. Tersedianya dokumen KTSP seluruh mata pelajaran
    2. Guru paham tentang KTSP
    3. Guru mampu membuat silabus sekolah sesuai standar isi
    4. Guru paham dan mampu membuat PTK
    5. Meningkatnya minat baca dan pengetahuan guru
    6. Meningkatnya minat baca siswa
    7. Perpustakaan yang representatif
    8. Guru paham tentang kecakapan hidup
  1. Administrasi dan Manajemen Sekolah
    1. Peraturan sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
    2. Semua guru PNS mengikuti sertifikasi
    3. Semua guru PNS lolos sertifikasi
  1. Organisasi dan kelembagaan
    1. Peraturan khusus sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
    2. Guru dan karyawan mampu membuat program kerja
  1. Sarana dan Prasarana
    1. Tersedianya Peralatan Praktek
    2. Tersedianya fasilitas ruang yang baik dan lengkap
    3. Tersedianya ruang perpustakaan
  1. Ketenagaan
    1. Tersedianya program kehumasan
    2. Guru paham tentang pola kerjasama dalam peningkatan mutu pembelajaran
    3. Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung
  1. Pembiayaan dan pendanaan
    1. Peningkatan pembiayaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
    2. Meningkatnya prestasi siswa dan sekolah
    3. Terjalinnya kerjasama dengan stakeholder
    4. Tersusunnya RKAS tepat waktu
  2. Adanya peningkatan honorarium Peserta Didik
    1. Penerimaan Siswa Baru
    2. Pelaksanaaan Kegiatan Eskstrakulkuer
  1. Peran serta Masyarakat
    1. Keterlibatan komite sekolah kembali aktif sesuai dengan fungsinya
    2. Hubungan sekolah dengan komite sekolah lebih baik
    3. Terjalinnya kerja sama dengan lembaga masyarakat
  1. Lingkungan dan Budaya Sekolah
    1. Pemagaran sekolah
    2. Pembuatan taman sekolah
    3. Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stekholder sekolah uintuik terciptanya lingkungan yang
  1. PROGRAM

Merumuskan program adalah menggabungkan alternatif-alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan

Berikut ini kami uraikan program sekolah per-kategori:

  1. Kurikulum dan Pembelajaran
    1. Pembuatan KTSP, Silbabus dan RPP
    2. Peningkatan kompetensi guru
    3. Pengadaan / penggantian buku pelajaran
    4. Standar ideal jam mengajar
    5. Penambahan buku-buku yang menarik
    6. Penugasan studi literatur di perpustakaan
  1. Administrasi dan Manajemen Sekolah
    1. Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan karyawan
    2. Rapat Pembinaan
  2. Organisasi dan kelembagaan
    1. Pembuatan usulan peraturan
    2. Pembuatan program kerja
  1. Sarana dan Prasarana
    1. Pemberdayaan ruang yang ada untuk Ruang Perpustakaan
    2. Pengadaan perabot pengganti
    3. Perbaikan perabot rusak
    4. Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan prasarana bengkel TPHP
    5. Pengadaan Lapangan Olahraga
    6. Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan komputer
  1. Ketenagaan
    1. Pembuatan program kehumasan
    2. Sosialisasi pola kerjasama
    3. Identifikasi kebutuhan tenaga pendukung
  1. Pembiayaan dan pendanaan
    1. Penyusunan RKAS
    2. Menjalin kerjasama dengan stakeholder
    3. Komunikasi yang intensif dengan stakeholder
    4. Kesejahteraan pegawai khususnya
  1. Peserta Didik
    1. Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru
    2. Pelaksanaan Kegiatan Estrakurilkuler
  1. Peran serta Masyarakat
    1. Sosialisasi program sekolah dan peran komite
    2. Menciptakan hubungan yang harmonis dengan komite
    3. Mengikutsertakan komite dalam menjalankan program sekolah
    4. Pertemuan dengan komite sekolah
    5. Kerjasama dengan lembaga masyarakat
  1. Lingkungan dan Budaya Sekolah
    1. Pembuatan taman sejkolah
    2. Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang
  1. INDIKATOR KEBERHASILAN

Indikator keberhasilan program adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah program yang dirumuskan berhasil atau tidak. Apabila indikator keberhasilan telah dapat dicapai, maka program dapat dikatakan berhasil; sebaliknya apabila indikator keberhasilan belum dapat dicapai, maka program dapat dikatakan belum berhasil. Indikator harus ditentukan agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya. Indikator keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator keberhasilan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif, yang penting dapat diukur dan dirumuskan secara spesifik, operasional, dan dalam bentuk kalimat pernyataan.

Berikut ini kami uraikan indikator keberhasilan program sekolah per-kategori:

  1. Kurikulum dan Pembelajaran
    1. Tersedianya dokumen KTSP secara lengkap
    2. Guru mampu membuat dokumen KTSP
    3. Adanya KTSP
    4. Tersedianya silabus sekolah sesuai standar isi
    5. Tersedianya literatur tambahan
    6. Jam mengajar guru PNS maksimal 24 jam
    7. Tersedianya buku pelajaran
  1. Administrasi dan Manajemen Sekolah
    1. Seluruh guru berperan dalam penegakan peraturan sekolah
    2. Guru-guru PNS lolos sertifikasi
  1. Organisasi dan kelembagaan
    1. Usulan peraturan terbentuk
    2. Terselesaikannya program kerja
  2. Sarana dan Prasarana
    1. Tersedianya Alat Praktek
    2. Tersedianya ruang Perpustakaan
    3. Penggantian dan perbaikan perabot rusak
    4. Sarana dan prasarana bengkel TPHP
    5. Laboran terampil menggunakan lab IPA
    6. Komputer dan printer tersedia sesuai kebutuhan
    7. Tersedianya Lapangan Basket
    8. Tersedianya air bersih yang memadai
  3. Ketenagaan
    1. Terbuatnya program kehumasan
    2. Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung
  1. Pembiayaan dan pendanaan
    1. Jumlah siswa baru meningkat
    2. Tersusunnya RKABS tepat waktu
    3. Adanya peningkatan Kesejahteraan TKS
  1. Peserta Didik
    1. Terselenggarannya kegiatan PSB
    2. Terselenggaranya klegiatan Ekstrakurikuler
  1. Peran serta Masyarakat
    1. Komite memahami tugas dan perannya
    2. Hubungan komite dan sekolah berjalan secara sinergi
    3. Komite selalu terlibat dalam program-program yang dijalankan sekolah
    4. Adanya pertemuan rutin dengan komite
  1. Lingkungan dan Budaya Sekolah
    1. Pembuatan taman sekolah
    2. Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stekjholder sekolah uintuik terciptanya lingkungan yang

D.    KEGIATAN

Kegiatan adalah tindakan-tindakan yang akan dilakukan di dalam program. Kegiatan perlu dirumuskan dari setiap program dengan mengacu pada indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sehingga program dapat dicapai. Kegiatan bisa diambil dari alternatif pemecahan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perumusan kegiatan dilakukan dengan cara membuat daftar kegiatan yang terkait dengan program tersebut. Kegiatan yang baik adalah yang mengarah pada pencapaian indikator keberhasilan yang telah dirumuskan, dan dapat diperkirakan biaya atau anggarannya.

Berikut ini kami uraikan daftar kegiatan sekolah per-kategori:

  1. Kurikulum dan Pembelajaran
    1. Rapat Rutin Pembinaan
    2. Pelaksanaan pembuatan KTSP, Silabus dan RPP
    3. Pengadaan buku-buku pelajaran
    4. Pengadaan literatur tambahan
    5. Penyesuaian jam mengajar    
  1. Administrasi dan Manajemen Sekolah
    1. Rapat koordinasi guru dan karyawan
    2. Pembinaan
    3. Pembagian Tugas Administrasi
  1. Organisasi dan kelembagaan
    1. Koordinasi dan pembuatan usulan peraturan sekolah
    2. Pembuatan Program Kerja
  1. Sarana dan Prasarana
    1. Pengadaaan Peralatan Praktek
    2. Pengadaaan ruang perpustakaan
    3. Pendataan kebutuhan, pembuatan dan pengajuan proposal, melengkapi sarana dan prasarana
    4. Pengadaan dan Perbaikan komputer dan printer
  1. Ketenagaan
    1. Penyusunan program kehumasan
    2. Sosialisasi pola kerjasama
    3. Pengajuan tambahan tenaga pendukung
  1. Pembiayaan dan pendanaan
    1. Meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
    2. Meningkatkan prestasi siswa dan sekolah
    3. Pembuatan program kerjasama dengan pihak lain
    4. Peningkatan kerjasama dengan stakeholder
    5. Penyusunan RKAS
  1. Peserta Didik
    1. Pelaksanaan penerimaan siswa baru
    2. Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang bermasalah
    3. Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler
  1. Peran serta Masyarakat
    1. Mengundang semua orang tua siswa
    2. Membentuk pengurus komite sekolah
    3. Sosialisasi program sekolah
    4. Menciptakan hubungan yang harmonis antara komite dan sekolah
    5. Melibatkan komite dalam program-program sekolah
    6. Pertemuan dengan komite
    7. Menjalin kerjasama dengan lembaga masyarakat
  1. Lingkungan dan Budaya Sekolah
    1. Selesainya Pembuiatan taman sejkolah
    2. Tertanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya lingkungan yang

E.     JADWAL KEGIATAN DAN PENANGGUNG JAWAB

Jadwal adalah alokasi waktu suatu program dan kegiatan tertentu yang akan dilaksanakan. Tujuan penyusunan jadwal program dan kegiatan ini adalah untuk mempermudah pelaksana dalam menentukan urutan kegiatan dan mengatur penggunaan sumberdaya dan dana yang dimiliki sekolah/madrasah. Dengan demikian alur kegiatan dan keuangan sekolah/madrasah dapat dikontrol dengan lebih efektif.

Berikut ini kami tampilkan kegiatan sekolah:

TABEL JADWAL KEGIATAN

 

NO.

 

SASARAN

 

PROGRAM

SEMESTER 1

SEMESTER 2

PENANGGUNG JAWAB

1

Kurikulum dan Pembelajaran

Pembuatan KTSP, Silbabus dan RPP

Wakasek Kurikulum

2

Kurikulum dan Pembelajaran

Peningkatan kompetensi guru

Wakasek Kurikulum

3

Kurikulum dan Pembelajaran

Pengadaan (penggantian) buku Pelajaran

Kepsek dan PKS Kurikulum

4

Kurikulum dan Pembelajaran

Standar ideal jam mengajar

Kepala Sekolah dan Wakasek

5

Kurikulum dan

Pembelajaran

Penambahan buku-buku

yang menarik

 

Wakasek kurikulum

6

Kurikulum dan

Pembelajaran

Penugasan studi literatur

di perpustakaan

Semua Guru

7

Guru

Peningkatan kompetensi

guru

Kepala Sekolah

8

Guru

Standar ideal jam

mengajar

 

Kurikulum

9

Perpustakaan

Sosialisasi peraturan

sekolah kepada guru dan karyawan

 

Wakasek Kurikulum

10

Administrasi dan Manajemen Sekolah

Sosialisasi peraturan sekolah kepada guru dan

karyawan

 

Wakasek kurikulum

11

Administrasi dan

Manajemen Sekolah

Rapat Pembinaan

Wakasek kesiswaan

12

Organisasi dan Kelmabagaan

Pembuatan usulan peraturan

Kepala Sekolah

13

Organisasi dan Kelembagaan

Pembuatan program kerja

Kepsek Kurikulu, Kesiswaan

14

Sarana dan Prasarana

Pengadaan Peralatan Praktek

 

Kepsek

15

Sarana dan Prasarana

Pemberdayaan ruangan untuk Ruang

Perpustakaan

 

Kepsek Kurikulu, Kesiswaan

16

Sarana dan Prasarana

Pengadaan perabot

Pengganti

Kepsek Kurikulu, Kesiswaan

17

Sarana dan Prasarana

 

 

 

 

Perbaikan perabot rusak Pendataan, pembuatan, pengajuan proposal dan pengadaan sarana dan

prasarana laboratorium IPA

 

Kepsek Kurikulu, Kesiswaan

18

Sarana dan Prasarana

Pengajuan dan

pemasangan jaringan internet dan pengawasan dalam penggunaannya.

 

Kepsek Kurikulu, Kesiswaan

19

Sarana dan Prasarana

Pendataan, pengajuan, pengadaaan, dan perawatan printer dan

Computer

 

Kepsek Kurikulu, Kesiswaan

20

Ketenagaan

Pembuatan program

Kehumasan

PKS Sarana dan Kepala Pepustakaan

21

 

Sosialisasi pola kerjasama

 

PKS Sarana dan Kepala Pepustakaan

22

Pembiayaan dan pendanaan

Penyusunan RKAS

 

PKS Sarana dan Kepala Pepustakaan

23

Pembiayaan dan

pendanaan

Menjalin kerjasama

dengan stakeholder

Kasek, Bendara BOS dan Rutin

24

Pembiayaan dan pendanaan

Komunikasi yang intensif dengan stakeholder

 

Wakasek Humas

25

Pembiayaan dan

pendanaan

Kesejahteraan pegawai

 

Wakasek Humas

32

Peserta didik

Pelaksanaan penerimaan

siswa baru

 

33

Peserta didik

Meningkatkan kualitas penanganan siswa yang

Bermasalah

Kepsek, Bendahara BOS

34

Peserta didik

Pelaksanaan Kegiatan

Ekstrakurikuler

Wakasek Kesiswaan

36

Peran serta

Masyarakat

Sosialisasi program

sekolah dan peran komite

Wali Kelas, Wakasek Kesiswaan

37

Peran serta Masyarakat

Menciptakan hubungan yang harmonis dengan

Komite

Guru Pembina Eskul dan OSIS

38

Peran serta Masyarakat

Mengikutsertakan komite dalam menjalankan

program sekolah

Kepsek Kurikulu, Kesiswaan

39

Peran serta Masyarakat

Pertemuan dengan komite

sekolah

Kepsek Kurikulu, Kesiswaan

40

Peran serta Masyarakat

Kerjasama dengan

lembaga masyarakat

Kepsek Kurikulu, Kesiswaan

41

Lingkungan dan Budaya Sekolah

Pembuatan taman sekolah

Kepsek Kurikulu, Kesiswaan

42

Lingkungan dan Budaya Sekolah

Menanamkan kesadaran perlunya keterlibatan masyarakat dan warga sekolah untuk terciptanya

lingkungan yang aman.

Kepsek Kurikulu, Kesiswaan

   BAB VI PENUTUP

  1. Kesimpulan
    1. Keberhasilan dan kelancaran suatu kegiatan diperlukan sarana penunjang yang lengkap, perencanaan yang matang dan pembagian tugas yang
    2. Agar semua hambatan yang mungkin timbul dapat dikurangi semaksimal mungkin diperlukan pengawasan dan pembinaan yang baik disertai rasa tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi dari seluruh aparat
    3. Pengumpulan data yang akurat dan ketelitian dalam setiap melaksanakan tugas sangat diperlukan guna penyusunan laporan yang cepat dan

B.        Saran

  1. Diharapkan dengan adanya program kerja ini dapat mewujudkan suatu mekanisme kerja yang harmonis , efektif dan efesien sehingga dapat menunjang ketercapaian sasaran yang
  2. Apabila setiap pelaksana yang terkait didalam kegiatan ini memahami aturan yang telah ditetapkan, Insya Allah rencana kerja yang diprogramkan akan tercapai dengan

 

Lampiran

Secara rinci kegiatan kerja Kepala Sekolah yang dkerjakan berdasarkan harian, mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan

  1. KEGIATAN HARIAN
  • Mengawasi pelaksanaan proses belajar mengajar
  • Mengawasi pelaksanaan tugas piket PBM
  • Mengawasi pelaksanaan K7
  • Memeriksa kehadiran guru, pegawai dan siswa
  • Memeriksa keterlaksanaan PBM
  • Mengatasi hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan PBM
  • Membaca dan mendisposisikan surat-surat dan menandatangani surat-surat keluar
  • Melayani tamu
  • Mengatsi kasus yang terjadi pada hari itu
  • Mengatasi segala sesuatu menjelang sekolah usai
  • Mengontrol pelaksanaan administrasi sekolah
  1. KEGIATAN MINGGUAN
  • Upacara bendera pada hari senin pagi
  • Mengikuti kultum pada hari jum’at
  • Memeriksa absen mingguan
  • Menyelenggarakan rapat mingguan dengan staf pimpinan, membicarakan / membahas kasus yang terjadi dalam minggu tersebut dan rencana untuk minggu selanjutnya
  • Menyelesaikan surat menyurat.
  • KEGIATAN BULANAN
  • Memeriksa buku kelas, daftar hadir guru / pegawai
  • Mengontrol pembayaran kesejahteraan guru / pegawai
  • Membuat laporan bulanan
  • Mencek keuangan komite sekolah
  • Menerima laporan KBM dari Waka dan Kaprog
  • Memeriksa rekap absensi bulanan guru / pegawai
  • Mengikuti acara MKKS
  • Menandatangani SPJ
  • Memeriksa rekap pelaksanaan SPJ
  • Mengingatkan usulan nail pangkat dan kenaikan gaji berkala guru dan pegawai
  • Mengikuti upacara rutin di kecamata
  • Menghadiri rapat dinas di kabupaten
  1. KEGIATAN SEMESTERAN
  • Mempersiapkan evaluasi semester
  • Mencek hasil evaluasi semester
  • Melaksanakan supervisi kelas bersama Waka dan Kaprog
  • Mempersiapkan perlengkapan penunjang PBM
  • Mengontrol pengisian dan pembagian Rapor
  • Rapat dinas membahas hasil KBM dan pengisian semester berikutnya
  • Pertemuan dengan komite sekolah
  • Mengontrol pelaksanaan prakerin
  • Pengusulan kenaikan pangkat dan gaji berkala guru dan pegawai
  • Mengontrol pengisian buku induk siswa
  • Melaksanakan supervisi bersama dengan kepala-kepala SMK Se Kabupaten Solok
  • Merencanakan penengkiatan kompetensi guru
  • Mengirim / mengurus guru untuk penataran sesuai kebutuhan
  • Mengusulkan guru untuk sertifikasi profesi
  • Mengikuti penataran yang ditugaskan oleh Dinas Pendidikan
  1. KEGIATAN TAHUNAN
  2. Awal Tahun
  • Identifikasi kebutuhan guru
  • Menetapkan pembagian tugas mengajar guru
  • Merencanakan kebutuhan alat dan bahan untuk PBM
  • Mendata kebutuhan buku pelajaran untuk pegangan guru
  • Rapat awal tahun pelajaran
  • Mengikuti pelaksanaan MOS
  • Melakukan In House Trainning
  • Mengikuti Rapat koordinasi di Propinsi
  1. Akhir Tahun
  • Persiapan pelaksanaan UN/US
  • Persiapan pelaksanaan Ujian Kompetensi dan Ujian Profesi
  • Mengawasi pelaksanaan UN/US dan Ujian Kompetensi serta Ujian Profesi
  • Rapat kelulusan siswa kelas XII
  • Ujian kenaikan pangkat
  • Persiapan penerimaan siswa baru
  • Pelaksanaan PPDB dan membuat laporannya
  • Menyusun program kerja kepala sekolah
  • Menyusun RAPBS
  • Persiapan Rakerda
  • Menyusun / perencanaan peralatan
  • Membuat DP3 guru dan pegawai
  • Mengusulkan beasiswa
  • Rapat pengurus komite sekolah dan oarang tua murid
  • Membuat laporan tahunan
  • Evaluasi program tahuanan

Tanjung Balik, Januari 2020

Kepala SMK Negeri 1 X Koto Diatas  

 

Ir.Idris

NIP. 196609041994031005